LAYANAN KAMI

Kapal Ro-Ro, Sejarah, Pengertian dan kegunaan pada Cargo

Kapal Ro-Ro adalah kapal yang bisa memuat kendaraan yang berjalan masuk ke dalam kapal dengan penggeraknya sendiri dan bisa keluar dengan sendiri juga, sehingga disebut sebagai kapal roll on - roll off atau disingkat Ro-Ro. Oleh karena itu, kapal ini dilengkapi dengan pintu rampa yang dihubungkan dengan moveble bridge atau dermaga apung ke dermaga.

Di Indonesia, kapal Ro-Ro termasuk dalam jenis moda yang digunakan pada angkutan sungai, danau dan penyeberangan selat. Namun, karena tidak banyak sungai dan danau besar (Kecuali di Danau Toba) di Indonesia, Ro-Ro lebih banyak digunakan untuk penyeberangan selat (laut sempit antara dua pulau) dan pelayaran di perairan pesisir



Kapal Roro selain digunakan untuk angkutan truk juga digunakan untuk mengangkut mobil penumpang, sepeda motor serta penumpang jalan kaki. Angkutan ini merupakan pilihan populer antara Jawa dengan Sumatera di Merak-Bakauheni, antara Jawa dengan Madura dan antara Jawa dengan Bali

Dari sejarahnya, Ro-Ro memang lebih dekat dengan transportasi darat. Kapal Ro-Ro berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan dua ruas jalan yang terpisah oleh laut sempit. Mungkin karena alasan itu lah mengapa kapal Ro-Ro di Indonesia diurus oleh Ditjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Kapal yang termasuk jenis RoRo antara lain:
  • kapal penyeberangan/ferry yang melayani lintasan tetap seperti Lintas Merak-Bakauheni, Lintas Ujung-Kamal, Lintas Ketapang-Gilimanuk, Lintas Padangbay-Lembar dan berbagai lintas lainnya.
  • kapal pengangkut mobil (car ferries),
  • kapal general kargo yang beroperasi sebagai kapal RoRo. (wikipedia, jurnalmaritim)

TPM Cargo Logistik Jakarta
Jl. Raya Malaka - Wijaya III Jakarta Timur
Ops : Jl. Manggarai Utara IX Jakarta 
Telp. : 0812-13676 329 (Telkomsel)
Sales / WA : 0852 19199 443

TPM Cargo Logistik Depok
Jl. Raya Kalimulya Palapa/Kencana II
Depok -Jawa barat
Seluler +62 852-851-26943



share