Follow us

5 Teknologi yang mengguncang industri pengangkutan

Jika Anda bekerja di bidang logistik, ada kemungkinan besar bahwa perusahaan Anda, dan bahkan posisi Anda, akan terlihat sangat berbeda dalam beberapa tahun. Itu karena teknologi yang memungkinkan pekerjaan kita meningkat dengan sangat cepat sehingga kita masih berjuang untuk mengejar ketinggalan


Jendela waktu untuk mengejar ketinggalan semakin dekat, tetapi kabar baiknya adalah bahwa tidak seperti revolusi teknologi sebelumnya, revolusi yang kita alami saat ini jauh lebih demokratis. Menjaga waktu ini sekitar tidak memerlukan peralatan senilai ratusan juta dolar. Kali ini, ini adalah revolusi informasi, dan tiket Anda untuk bertahan hidup banyak berkaitan dengan sikap Anda terhadap teknologi baru. Kali ini, ini tentang menjadi lebih cepat dan lebih pintar, tidak lebih besar dan lebih kaya.

Penekanan ditempatkan pada kepuasan klien, manajemen pelanggan, dan keuangan yang mempengaruhi margin keuntungan. Organisasi dan perencanaan yang baik telah menjadi penting dalam ekspor dan impor. Seiring berlalunya tahun, industri angkutan telah beralih ke teknologi untuk meningkatkan laba dengan merampingkan bisnis mereka.

Pada titik ini, Anda harus bertanya pada diri sendiri, apakah perusahaan saya menuju ke arah yang benar?

Jika jawabannya adalah ya, lima tren baru dalam teknologi digital yang diposting di bawah ini akan sangat penting. Jika Anda belum mengikuti, sekarang adalah waktu yang tepat untuk bergabung.

Tren # 1 - Internet of Things (IoT)

Tren pertama yang kita bahas biasanya disebut sebagai IoT, atau Internet of Things. Meskipun teknologi ini masih terfragmentasi, sudah siap untuk mengguncang industri pengiriman barang. Jenis teknologi yang digunakan IoT terdiri dari basis data, pembaca, chip, dan sistem berbasis cloud GPS. Elemen-elemen ini saling berbicara satu sama lain, menciptakan pengeluaran operasional Anda yang terperinci dan berharga. Salah satu pembaca kami menggambarkan IoT sebagai "cara mendapatkan benda mati seperti parcel dan wadah, untuk mengirim informasi berguna tentang diri mereka secara otomatis dan mandiri langsung ke internet."

Teknologi baru ini disebut sebagai identifikasi frekuensi radio, dan memungkinkan industri angkutan untuk secara efektif melacak pengiriman mereka, dan kondisi pengiriman ini. Tanda terima dan barcode konfirmasi tidak lagi memerlukan pemindaian, dan teknologi ini memungkinkan pengiriman diterima secara otomatis. Kemajuan dalam IoT telah membuatnya tidak hanya lebih mudah, tetapi lebih efisien bagi perusahaan untuk memeriksa barang atau pengiriman. Ini bisa dicapai 24/7.

Tren # 2 - Pembelajaran Mesin Tingkat Lanjut

Pembelajaran mesin canggih adalah salah satu teknologi terbaru yang memberikan keunggulan kompetitif bagi industri angkutan. Teknologi ini menganalisis data, dan memungkinkan keputusan bisnis dibuat menggunakan pola. Komputer menggunakan dasbor dan laporan yang telah ditentukan untuk melakukan analisis canggih. Ini memberikan wawasan pasar dalam industri pengangkutan yang memungkinkan perusahaan untuk berporos ke operasi yang lebih efisien.

Intervensi manusia tidak perlu untuk menganalisis data karena algoritma pembelajaran mesin. Pembelajaran mesin digunakan bersama dengan manajemen rantai pasokan untuk mengubah data pasif menjadi intelijen bisnis yang ditargetkan. Ini meningkatkan pesanan yang masuk, keakuratan perkiraan, kinerja umum, dan prediktabilitas.

Misalnya, dengan menganalisis data pada ribuan truk yang berjalan, pembelajaran mesin dapat merekomendasikan rute mana yang lebih produktif, kondisi apa yang menimbulkan masalah, dan dapat menunjukkan ketidakefisienan lainnya. Di maritim, pembelajaran mesin dapat membantu perusahaan memilih rute, pelabuhan, dan membuat pilihan lain untuk meningkatkan laba mereka.


Tren # 3 - Solusi Berbasis Cloud

Industri angkutan akan melihat kemajuan besar karena kapasitas armada pribadi menjadi lebih tersedia. Perusahaan angkutan akan dapat segera memposisikan ulang wadah kosong tanpa investasi infrastruktur TI yang mahal. Ini akan dimungkinkan dengan menggunakan layanan bayar per penggunaan di cloud. Kombinasi aplikasi dan layanan seluler berbasis cloud akan memungkinkan perusahaan pengiriman untuk melayani bisnis besar dan kecil.

Tren # 4 - Aplikasi yang Terhubung

Industri pengiriman memerlukan sarana transmisi data yang andal dan efisien, dan ini sangat penting untuk logistik. Kemajuan teknologi akan memungkinkan banyak aplikasi untuk berkomunikasi satu sama lain dalam skenario intra-dan antar-bisnis dan B2C dan B2B. Meskipun EDI telah digunakan sebagai komunikasi untuk jangka waktu yang lama di industri pengangkutan, transmisi data secara real-time telah dikompromikan karena ketatnya standar dan format. Layanan JSON dan RESTful Web mampu menggantikan EDI, dan lebih disukai untuk mentransmisikan data. Aplikasi seluler mampu menangkap data di jalan dan di lantai. Aplikasi ini akan berkomunikasi dengan sistem yang ada dan secara digital mengubah industri pengangkutan.

Trend # 5 - Keamanan

Solusi Manajemen Gudang dan Logistik mulai menggunakan internet dan komputasi awan untuk mengirimkan data. Sistem ini dan perangkat lunak yang sesuai mampu mencegah serangan cyber jauh lebih efektif. Keamanan dalam industri angkutan sedang berubah, dan komponen-komponen individu terus-menerus dipantau untuk kerentanan.

Ancaman dunia maya dapat secara efektif dikenali, dipantau, dan diperbaiki untuk menghentikan segala kemungkinan ancaman dunia maya. Pengujian rutin dan audit keamanan akan menjadi bagian permanen dari industri pengangkutan.

Apa selanjutnya, dan apa artinya bagi Anda?

Kebanyakan orang menyaksikan, atau paling tidak mengetahui pengiriman truk tanpa supir pertama yang dibuat oleh Budweiser dan Uber tahun lalu. Itu adalah panggilan bangun. Teknologi generasi berikutnya telah tiba, dan itu dapat membuat pengiriman lebih cepat, dan mungkin lebih aman.


Masalahnya adalah, sebagian besar perusahaan pengiriman barang belum siap untuk mulai menggunakan teknologi jenis ini. Meskipun traksi dan liputannya konsisten, banyak orang tidak percaya truk otonom siap berdampak besar pada masyarakat saat ini. Menurut informasi yang diperoleh dari survei industri, sebagian besar industri pengiriman barang perlahan mulai merangkul konsep truk otonom. Harapannya adalah transisi tidak akan jauh di belakang. Tetapi bagi sebagian besar, masih ada banyak ketidakpastian.

Pertanyaannya adalah, apa titik awalnya?

Tidak ada jawaban satu ukuran untuk semua, tetapi ketika Anda membaca tentang perkembangan di atas, Anda mungkin mengenali area di mana operasi Anda bisa mendapatkan keuntungan. Anda akan terkejut betapa mudahnya melakukannya.

Perusahaan pengiriman barang harus tetap mengikuti tren dan kemajuan. Bisnis terbaik harus fokus pada kualitas produk mereka, dan komitmen yang telah mereka buat kepada rekan bisnis dan pelanggan mereka. Ketika teknologi terus berkembang dan maju, bisnis harus beradaptasi dan berubah seiring waktu atau menjadi stagnan. (shippingandfreightsource.com)


Jasa cargo, ekspedisi, kirim paket, kirim motor, jasa pindahan :

TPM Cargo Logistik Jakarta
Tel. : 081213676329
Sel. : 085219199443
Jl. Teratai Blok 18/132 Klender
Jakarta - Timur

TPM Cargo Logistik Depok
Seluler : 085285126943 (Telkomsel)
Jl. Raya Kalimulya Palapa/Kencana II
Depok -Jawa barat

share